our facebook page

PBX, PABX, dan IP PBX

PBX

PBX (Private Branch Exchange) adalah sistem yang memungkinkan komunikasi dari dalam berfungsi sebagai pembagi atau pengatur antara bagian internal ( extension to extension) dengan external (out going dan incoming).

Analoginya adalah kamu mempunyai rumah yang sangat besar dan kamu terlalu sibuk untuk memanggil orang tua mu dengan cara berjalan ke ruang kantor mereka. Dengan PBX, kita dapat menarik kabel telephone kita dan mencabangkannya di dalam rumah, satu di kamar mu, dan satu di ruang kantor orang tua mu. Dengan begini kamu dapat menelpon orang tua mu menggunakan nomor dial khusus dari kamar menuju ruang kantor mereka.

PROSES KERJA


Cara kerjanya PBX pada dasarnya sangatlah simple. Seluruh perangkat keras di kantor-kantor seperti; printer, fax, dan tentunya telephone, di hubungkan ke satu alat server yang sama. Dimana alat tersebut akan mengatur arah jalur keluar masuknya panggilan secara manual maupun automatis.

PERBEDAAN PBX, PABX, IP PBX

Perbedaannya terletak di nama merek sendiri. Pertama, PBX. Beberapa mengganti nama tersebut menjadi PMBX (Private Manual Branch Exchange) karena membutuhkan kinerja manusia untuk menukar setiap kabel telephone dari penelpon menuju penerima di sebuah papan komputer.

Sedangkan, PABX (Private Automatic Branch Exchange) menggantikan kinerja manusia dengan perangkat server komputer yang mengatur arah datang dan menujunya telepon secara automatis. Tetapi terkadang seseorang dibutuhkan sebagai pengawas alat PABX sebagai pembantu bagi yang tidak mengerti cara kerja menelpon menggunakan PABX.

Terakhir IP PBX, seperti namanya, PBX ini menggabungkan cara telpon tradisional dengan VoIP, dimana kabel telephone dan intranet menjadi satu. Meskipun kita menelpon menggunakan internet atau cara tradisional, kita tetap dapat saling terhubung. Banyak perusahaan memilih ini karena menghemat biaya dan multifungsi.

Share this:

0 comments:

Post a Comment